Kamis, 31 Januari 2019

SOFT SKILL : KERJA TIM


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kerja sama biasanya dilakukan atas dasar tujuan yang sama, yaitu tujuan yang hendak dicapai. Dalam suatu organisasi sangat diperlukan adanya suatu kerja sama kelompok (team work). Dalam definisi singkat, teamwork merupakan serangkaian nilai, sikap dan perilaku dalam sebuah tim. Sehingga tidak selalu terdiri dari sekumpulan orang dengan gaya, sikap, maupun cara kerja yang sama. Perbedaan antar tim justru merupakan potensi yang akan membuat sebuah tim menjadi kreatif dan inovatif. Untuk mencapai kerjasama tim yang baik perlu ditumbuhkan sikap positif di antara anggota tim. Antara lain kebiasaan untuk saling mendengarkan sehingga tercipta komunikasi yang baik, memberikan dukungan kepada anggota tim yang membutuhkan, dan apresisasi terhadap kontribusi dan pencapaian yang diperoleh dari setiap anggota tim. Makalah ini akan membahas definisi teamwork, tujuan dan pentingnya kerja tim, manfaat teamwork dan cara untuk membangun kerjasama tim.

B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut :
1)      Apakah pengertian dari kerja tim ?
2)      Apa sajakah tujuan dan pentingnya kerja tim ?
3)      Bagaimanakah cara meningkatkan dan membangun kerjasama tim ?

C.    Tujuan
Adapun tujuannya sebagai berikut :
1)      Untuk mengetahui apakah pengertian dari kerja tim.
2)      Untuk mengetahui apa sajakah tujuan dan pentingnya kerja tim.
3)      Untuk mengetahui bagaimanakah cara untuk membangun kerjasama tim.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Kerja Tim
Definisi tim (Team): dua orang atau lebih yang berinteraksi dan saling mempengaruhi ke arah tujuan bersama. Tim adalah suatu unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang berinteraksi dan berkoordinasi mengenai sebuah pekerjaan dan upaya-upaya untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Dewi, kerja tim adalah bentuk kerja dalam kelompok yang harus dikelola dengan baik untuk mencapai sebuah tujuan atau menyelesaikan sebuah tugas. Stephen dan Timothy menyatakan bahwa kerja tim adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada hasil yang didapatkan jika pekerjaan diselesaikan seorang diri.[1]
Menurut Wood, et.al mendefinisikan, “teamwork is when members of a team work together in such a way that certain core values that promote the utilization of skills to accomplish certain goals are represented”. Kerja tim adalah ketika anggota tim bekerja bersama dalam mencapai tujuan utama yang mendorong dalam pemanfaatan keterampilan untuk mencapai tujuan yang pasti yang telah ditetapkan. Menurut Schermerhon, “teamwork is the process of people actively working together to accomplish common goals”. Kerja sama adalah proses orang aktif bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.[2] Menurut Tenner dan Detoro, team works is a group of individuals working together to reach a common goal. Definisi kerjasama tim adalah sekelompok orang-orang yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama dan tujuan tersebut akan lebih mudah diperoleh dengan melakukan kerjasama tim daripada dilakukan sendiri.[3]
Menurut Cohen dan Bailey, kerjasama tim adalah kumpulan individu yang saling bergantung pada tugas dan bersama-sama bertanggung jawab atas hasil yang diperoleh. Suhendy dan Anggara mengatakan bahwa kerjasama tim adalah suatu kelompok yang memiliki ikatan dan interaksi yang harmonis memacu terjadinnya perubahan, pertumbuhan dan perkembangan pribadi maupun organisasi.[4]Berdasarkan pengertian kerja tim di atas maka dapat disimpulkan bahwa kerja tim adalah sebuah kumpulan individu yang terdiri dari dua orang atau lebih yang hasil kinerja nya lebih baik dibandingkan dengan masukan individual.
B.     Tujuan dan Pentingnya Kerja Tim
Kerja sama dalam suatu tim merupakan keunggulan kompetitif yang tertinggi dalam suatu organisasi atau perusahaan. Bahkan ada yang menggambarkan kekuatan suatu tim sebagai berikut : “ Jika kamu dapat membuat semua orang di suatu organisasi menuju ke arah yang sama, kamu dapat menguasai industri apapun, di pasar manapun, menghadapi persaingan seperti apa dan kapanpun “. Kerja sama tim atau kelompok yang baik akan tercipta jika setiap anggota tim atau kelompok memiliki komitmen yang sama. Oleh karena itu dalam melakukan kerja sama tim atau kelompok lebih banyak membutuhkan keberanian, ketekunan dan kedisiplinan.[5]
Teamwork atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Harus disadari bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencpai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi paling populer di tim. Teamwork merupakan sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan. Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Oleh karena itu, penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.
Keakraban tim yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akrab satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasib sepenanggungan. Para anggota tim saling menyukai dan berusaha keras untuk mengembangankan dan memelihara hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal menjadi sangat penting karena hal ini akan merupakan dasar terciptanya keterbukaan dan komunikasi langsung serta dukungan antara sesama anggota team. Teamwork merupakan sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan, selain itu ketrampilan dan pengetahuan yang beranekaragam yang dimiliki oleh anggota kelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih menguntungkan jika dibandingkan seorang individu yang brilian sekalipun.
C.    Manfaat Kerja Tim
Beberapa manfaat yang dapat dipetik dari kerjasama antara lain :
1.      Memperingan tugas yang harus dipikul oleh masing-masing pihak;
2.      Menghemat tenaga, pikiran dan dana yang biasanya sangat terbatas dalam setiap kegiatan;
3.      Dengan dana, tenaga, pikiran yang tersedia, dapat menghasilkan lebih banyak;
4.      Lebih memberi kemungkinan pada seluruh pihak untuk mengembangkan kemampuan dalam rangka menuju terbangunnya kemanusiaannya.
5.      Saling percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehingga dapat memotivasi dan menambah semangat untuk menyelesaikan tugas dengan baik.
6.      Anggota kelompok termotivasi untuk mengeluarkan ide-idenya dan mengujinya serta menularkan dan mengembangkan potensi dirinya secara maksimal.
D.    Cara untuk Membangun Kerja Tim
Untuk membangun kerja tim yang efektif  sebagai berikut: 1) Sasaran tim harus ditentukan dengan jelas; 2) Kenali faktor-faktor penentu efektivitas kerja; 3) Fokuskan tim pada prestasi kerja; 3) Wewenang setiap anggota harus jelas; 4) Pimpinan dipilih berdasarkan kemampuan dan ketrampilan dalam memimpin; dan 5) Ciptakan kondisi yang baik dan disiplin terhadap tugas-tugas tim.
Untuk membangun kebersamaan dalam tim maka setiap anggota kelompok harus mampu untuk menerima keragaman anggota tim. Tim akan efektif apabila dibangun berdasarkan kebersamaan, tidak memandang pangkat, suku dan golongan, menunjukkan rasa saling percaya, saling menghargai dan dilandasi oleh keterbukaan.[6] Dalam buku Achieving Goals Through Team Work, dikemukakan bahwa ciri-ciri tim yang efektif adalah sebagai berikut: Tim merupakan kumpulan orang-orang yang bekerjasama dengan tujuan tertentu, demi mencapai sasaran-sasaran yang jelas dengan diketahui oleh semua anggota tim dalam suasana saling mempercayai dan penuh percaya diri serta mengutamakan unjuk kerja. Anggota kelompok bersedia menerima berbagai perbedaan dan sumbangan pemikiran serta masing-masing individu memiliki peran yang berbeda-beda. Para anggota dan pimpinan tim bersedia berbagi ilmu, pengetahuan, informasi,dan keterampilan agar seluruh tim memiliki kemampuan yang sama dan anggota tim tidak ragu-ragu mengambil inisiatif dan tindakan yang diperlukan, tanpa merasa cemas akan suara yang berbeda pendapat.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Kerja tim adalah sebuah kumpulan individu yang terdiri dari dua orang atau lebih yang hasil kinerja nya lebih baik dibandingkan dengan masukan individual. Teamwork atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Teamwork merupakan sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan. Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Keakraban tim yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akrab satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasib sepenanggungan.
Teamwork merupakan sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan, selain itu ketrampilan dan pengetahuan yang beranekaragam yang dimiliki oleh anggota kelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih menguntungkan jika dibandingkan seorang individu yang brilian sekalipun.Dalam kerja tim terdapat manfaat yang dapat dipetik sehingga  dapat meningkatkan kekompakkan tim dan membangun kerjasama tim yang efektif dan efesien.
B.   Saran
Semoga dengan selesainya tugas makalah ini dapat kita dapat mengambil ibrahnya, dan dapat mengetahui tentang Pengembangan Soft Skill : Kerja Tim, sehingga kita dapat menambah wawasan lebih luas terhadap Soft Skill.



DAFTAR PUSTAKA
Lasahido, Ilhan, Modul Membangun Kerjasama Tim, Jakarta: Pusdiklat Pengembangan SDM, 2011
Lawas, Eva Silvani dan Boge Triatmanto, Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kerjasama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 1, Universitas Merdeka Malang, 2017.
Sartono, Lidya Natalia, Pengaruh Kerja Tim dan Organizational Learning Terhadap Kinerja Pegawai Badan Diklat Provinsi Kalimantan  Barat, Jurnal Manajemen Pendidikan.
Setiyanti, Sri Wiranti, Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok), Jurnal STIE Semarang, Vol 4, No 3, Edisi Oktober 2012.
Suhendi dan Anggara, Perilaku Organisasi, Bandung : Pustaka Setia, 2010.
Tenner, A.R. dan I.J. Detoro, Total Quality Management : Three Stepps To Continuous Improvement Reading, MA: Addison-Wesley Publishing Company, 1992.




[1] Eva Silvani Lawas dan Boge Triatmanto, Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kerjasama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 1, Universitas Merdeka Malang, 2017, h. 51.
[2] Lidya Natalia Sartono, Pengaruh Kerja Tim dan Organizational Learning Terhadap Kinerja Pegawai Badan Diklat Provinsi Kalimantan  Barat, Jurnal Manajemen Pendidikan,  h. 799.
[3] A.R. Tenner dan I.J. Detoro, Total Quality Management : Three Stepps To Continuous Improvement Reading, MA: Addison-Wesley Publishing Company, 1992, h. 183.
[4] Suhendi dan Anggara, Perilaku Organisasi, Bandung : Pustaka Setia, 2010, h. 109.
[5] Sri Wiranti Setiyanti, Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok), Jurnal STIE Semarang, Vol 4, No 3, Edisi Oktober 2012, h. 60.
[6] Ilhan Lasahido, Modul Membangun Kerjasama Tim, Jakarta: Pusdiklat Pengembangan SDM, 2011, h. 20.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WIRAUSAHA : PELUANG USAHA

BAB I PENDAHULUAN A.            Latar Belakang Seseorang yang berkemauan keras dalam melakukan suatu tindakan demi memperoleh suat...